Departemen & Biro

Kesppi terdiri atas Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO), Pengurus Harian (PH), dan anggota biasa yang memiliki posisi sebagai staf di tiga departemen dan satu biro yang dimiliki Kesppi. MPO terdiri atas anggota Kesppi yang telah senior dan tidak lagi menjabat dalam organisasi, serta diketuai oleh ketua Kesppi yang telah didemisionerkan. MPO memiliki fungsi konsultatif dan pendampingan bagi kepengurusan yang tengah berjalan. Pengurus Harian (PH) terdiri atas ketua, wakil, sekretaris, bendahara, dan kepala departemen.

Struktur Organisasi Kesppi adalah sebagai berikut:

Departemen-departemen dan biro dalam Kesppi memiliki peran yang sangat penting dalam upaya menghidupkan Kesppi. Sekalipun masing-masing memiliki tugas yang berbeda-beda, semuanya membentuk suatu sistem yang menggerakkan Kesppi melalui berbagai program kerja. Berikut ini adalah penjelasan tentang departemen-departemen dan biro yang ada dalam Kesppi beserta program kerjanya.

Departmen POSDM Departemen ini berkaitan dengan fungsi pengembangan internal organisasi dan sumber daya manusianya, mulai dari fungsi kaderisasi pengurus baru, pendataan, sampai penguatan pengurus. Departemen ini bertanggung jawab dalam memelihara pengurus untuk senantiasa aktif dan bersemangat dalam menjalankan perannya sebagai anggota Kesppi. Departemen ini membutuhkan orang-orang yang memiliki semangat berorganisasi tinggi, mampu bergaul dengan berbagai macam mahasiswa, perhatian pada permasalahan internal yang terjadi, dan berani mengevaluasi kekurangan organisasi dan anggotanya.

Tugas Departemen POSDM antara lain: 1) Melakukan rekruitmen dan membina anggota baru, 2) mengoptimalisasikan potensi anggota Kesppi agar bermanfaat bagi organisasi dan pengembangan psikologi Islami, dan 3) melakukan pendataan pengurus.

Program kerja Departemen POSDM, antara lain: 1) Menyelenggarakan “Pendidikan & Latihan” sebagai ajang pengenalan Kesppi, organisasi kelompok studi, dan psikologi Islami, 2) Menyelenggarakan “Up-Grading” pengurus untuk menyuntikkan pengetahuan menjalankan organisasi secara efektif, 3) Menyelenggarakan “Fun Learning with Kesppi” sebagai ajang penguatan internal dan mempererat keakraban sesama anggota Kesppi, dan 4) Memelihara alur kaderisasi pengurus Kesppi.

Departemen Litbang. Hidup matinya Kesppi dipengaruhi oleh departemen Litbang. Departemen ini secara pasti membawa misi Kesppi sebagai organisasi kelompok studi melalui penyelenggaraan kajian-kajian psikologi Islami, diskusi mahasiswa, seminar, lomba essai psikologi Islami, dan pendokumentasian materi-materi psikologi Islami dalam bentuk “Bunga Rampai Psikologi Islami”. Kebanyakan program departemen Litbang adalah acara sehingga sangat diperlukan orang-orang yang berkompetensi di bidang event organizer dan melaksanakan kultur akademik dengan baik.

Departemen ini sangat penting karena ia memegang kunci pembelajaran psikologi Islami di dalam maupun luar Kesppi. Salah satu acara yang terpenting adalah “Intensive Class Psikologi Islami”, yaitu sebuah kelas khusus yang membahas perihal psikologi Islami khusus bagi anggota Kesppi dan mahasiswa lain yang berminat. Selain itu, diselenggarakan pula acara besar “Seminar dan Lomba Essai Psikologi Islami” sebagai agenda tahunan yang bertujuan memasyarakatkan dan memberikan pengetahuan psikologi Islami kepada masyarakat.

Departemen HMJ Departemen HMJ adalah corong Kesppi menuju dunia luar Kesppi. Departemen ini memiliki tugas: 1) Membuat mading dan buletin Kesppi yang berisi perkembangan terbaru psikologi Islami dan artikel-artikel psikologi Islami, 2) mengembangkan dan memelihara jaringan dengan orang-orang di luar Kesppi, dan 3) mengaktifkan media komunikasi Kesppi, baik berupa email, facebook, maupun blog Kesppi.

Departemen ini memiliki tugas mulia, yaitu menghubungan dunia Kesppi dengan dunia umum yang belum mengenal psikologi Islami. Departemen ini membutuhkan orang-orang dengan kemampuan komunikasi tulisan maupun lisan yang baik, mampu mengoperasikan program desain, dan bekerja teratur.

Biro Danus Tidak ada organisasi yang bisa hidup tanpa uang sepeser pun. Inilah tugas biro danus untuk mendapatkan tambahan pemasukan dana bagi Kesppi dari sumber-sumber yang halal. Biro danus bertugas mengkoordinasi anggota Kesppi lainnya untuk menggalang dana secara kreatif dan bekerja sama dengan bendahara Kesppi.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: