Oleh: kesppi | 17 Mei 2012

Internalisasi konsep pengabdian manusia kepada Allah SWT

Oleh : Nitami

Kita tau kan bahwa manusia adalah makhluk yang memiliki kewajiban dan hak,tapi kadang salah diartikan nih gan :O

ane pernah dengar dari seseorang bahwa manusia hidup itu punya 2 tugas,yang mana tugas ini disanggupi oleh manusia loh,,yaitu :

1.Hamba Allah, manusia di muka bumi itu adalah hamba Allah yang tentu merupakan anugerah terindah dan pastinya punya kewajiban ke Allah dong. Eits,tapi ane juga ga bilang kalau manusia juga ga punya hak loh,manusia punya kok terutama cewek,hak sepatu! haha,bukan bukan,tapi manusia  juga diberi hak nyata kok,bukti kecilnya aja kita bisa menghirup udara dengan gratis kan?! tenang aja,hehehe!

2.Khalifah di Bumi, ini nih tugas yang cukup berat buat kita gan,sekaligus tantangan nih :O kita kan ditugaskan untuk menjaga bumi,jadi kalau liat dari sumbernya itu berarti kalau ada  bencana alam  itu tuh akibat dari manusianya sendiri kan?,ya apa lagi ,karena manusia nggak bisa menjaga bumi nya dengan baik dan benar. tapi semua itu butuh proses kok,dan saling melengkapi.

Ada sedikit yang unik nih gan,kalau babi itu kan begitu dia makan,dia itu akan berhenti makan saat dia sendiri udah merasa cukup dan kenyang. Nah ,kalau manusia itu beda lagi,kalau dia makan apalagi punya  uang meski hasil korup,dia ga cukup mikirin kebutuhan korupnya sendiri tapi saking serakahnya,dia masukin deh daftar keluarganya dalam ‘kekorup’ an itu..bisa-bisa celon anak cucunya nanti sebelum lahir udah kedaftar dalam list ‘korupsi’ lagi..ya ampun ternyata serakah banget yah ngelebihin (maaf) babi,hehe..

Kalau merak,dia kan suka tuh memperlihatkan bulu indahnya,tapi itu punya sendiri loh. Kalau manusia?buat mamer aja bele-belain minjem uang kan buat beli barang-barang mewah. Habis itu,bingung deh mau bayar hutang pake apaan.

Kalau buaya? dia itu kan kalau setelah memburu mangsa dan kenyang,dia tuh kan langsung tidur yah. Tapi kalau manusia tuh rada beda,mau habis makan atau kegiatan apa aja dia bisa tidur loh. Waktu kuliah aja bisa tidur,hehehe (curhat)

karakter manusia itu ada karena kebiasaan manusia itu sendiri loh gan!😀 dan kebiasaan itu dipengaruhi oleh 3 hal nih,

1.motivasi

manusia itu seharusnya termotivasi karena Allah,bukan yang lain.

2.agama + ilmu

ini gak bisa dipisahin loh,kalu dipisahin nenek bilang itu berbahaya,hehehe!

kalau kita tau ilmu,lama-lama akan paham,dan ambil hikmah dari itu semua.

3.terampil

ini maksudnya kalau kita melakukan sesuatu,dan terus-menerus,setelah itu kita perbaiki lagi biar lebih baik.

Inget gak kata ustad-ustad ganteng yang di tipi? kan apa yang menurut kita baik,belum tentu baik menurut allah. Tapi,apa yang menurut Allah baik untuk kita,ya pastinya baik buat kita. wong Dia yang menciptakan kita kok,masa tega memberi yang tidak baik buat kita?! Right?

Manusia itu adalah makhluk yang sempurna loh gan! kenapa? Yap! karena manusia memiliki akal,hati nurani,dan nafsu. beda dengan makhluk Allah yang lain kan?! Right?

Orientasi ita itu gak cuma duniawi aja tapi mulai mikirin akhirat juga. takut mati itu gak boleh,tapi kalau takut bekal untuk matinya urang itu baru boleh,toh kita gak akan hidup selamanya kan? Ehm,Tapi kalau manusia suka duit ya gak masalah,duit itu bisa membawa kita ke surga jika digunakan dengan ‘baik dan benar’ ,yang penting jangan sampe ‘nikah sama duit’ lohh..tapi kalau DUITS yang ini boleh kok,malah dianjurkan.. Doa Usaha Ikhlas Tawakal Syukur😀

eh tau gak gan,ikhlas sama ridho itu beda loh.check it dot! Ikhlas itu mdah diucapkan tapi susah dilakukan.

Tapi kalau Ridho itu lebih tinggi dari ikhlas.

gan,ane ada ini nih,, langkah-Langkah membangun karakter unggul:

1.kilatan hati

2.memori

3.keyakinan

4.kemauan

5.tindakan

6.kebiasaaan

7.karakter

dan kita kudu tau nih, Who Am I? Siapa sich saya sebenarnya? Makhluk yang seperti apa dan ada apa dibalik itu semua :O

What Am I? Saya ni apa sebenarnya?

dan kalo udah semua tuh, ntar berujung pada ,,yeah,,This is me!! I am……I happy for….Isad for……Ilike …..and extera  😀

#dikutip dari kajian dikampus dgn sedikit polesan ala anak muda,,

jika ada kekurangan tolong dilengkapi,jka ada kelebihan tolong dikembalikan. Tak ada gading yang tak retak,Tak ada tuyul yang tak botak. saling mengingatkan yah gan!😀 jazakumullah


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: