Oleh: kesppi | 14 November 2010

Oleh-Oleh dari Gunung Ungaran, Up-Grading Kesppi 2010

Oleh-Oleh dari Gunung Ungaran, Up-Grading Kesppi 2010

Tulisan ini dimuat dalam Buletin Psychoislamica Edisi April 2010

 

“Kesppiiii…!!!”

No limit to learn and move!!!

Udaranya sejuk, airnya dingin menggigit… Arahkan pandangan ke arah timur dan kita saksikan bersama pemandangan menakjubkan kota Ungaran dan Semarang dari ketinggian. Beginilah pengalaman pengurus baru Kesppi ketika mengikuti Up-Grading Kesppi 2010 pada Sabtu-Ahad, 13-14 Maret yang lalu. Bertempat di Nyatnyono, salah satu desa di lereng Gunung Ungaran, kesppiers tidak hanya belajar “All-about-Kesppi”, tetapi juga refreshing sekaligus tadabur alam. Thanks for MPO Kesppi atas kerja kerasnya menjadi panitia acara besar ini untuk kami.

Dengan angkot yang penuh sesak dengan tas dan perlengkapan sampai kami tidak bisa bergerak bebas, kami berangkat dari Tembalang dengan penuh suka cita. Perjalanan tidak lama dan kami tiba di tempat yang dimaksud. Tidak berlama-lama, taruh tas dan acara langsung dimulai.

Up-Grading Kesppi selalu terdiri atas tiga acara besar: materi-materi keorganisasian Kesppi, sarasehan bersama pengurus baru, dan out bond. Materi-materi keorganisasian tahun ini dirancang khusus menyesuaikan setiap departemen dan biro yang ada di Kesppi. Jadi, materi I “Urgensi Humas dan Jaringan” dibawakan oleh Mas P-Man (mantan ketua Kesppi), materi II “Bangun Budaya Akademik” oleh Mbak Yuda Achdiyani (mahasiswa S2 di FKM Undip), materi III “Strategi Manajemen Organisasi” oleh Mbak Dina Nursholati (staf MITI), dan yang terakhir “Islamisasi Psikologi” oleh Pak Faris (alumnus Fak. Psi Undip).

Sekalipun disambi kantuk, kami belajar banyak sekali tentang Kesppi. Beberapa hal membuat kami tersadar: ternyata setiap departemen dan biro di Kesppi tidak dapat berdiri sendiri. Kesppi itu satu sistem, setiap bagiannya punya peran dengan urgensinya masing-masing. Peran tersebut tidak boleh membuat setiap bagian bekerja sendirian karena tujuan dapat dicapai lewat visi dan misi yang tepat dan jelas, kerja sama dan koordinasi yang kuat. Begitulah… Keberhasilan itu adalah keberhasilan bersama. Suka duka, kita hadapi bersama.

Ada yang baru di acara sarasehan pengurus di malam harinya. “Ngopi Bareng Kesppi” Benar-benar minum kopi! Yang unik adalah acara hiburannya. Jadi sebelumnya, setiap departemen, biro dan PH diminta untuk mempersiapkan suatu presentasi yang menghibur dan mendidik. Mulailah momen-momen di mana yang terjadi kalau tidak tersenyum karena geli, pasti sakit perut karena ketawa. Hahaha…

Penampilan pertama adalah pembacaan puisi oleh Departemen 2. Hebatnya, bisa kompak dengan karakterisitik setiap orang yang berbeda-beda. Tepuk tangan! Penampilan kedua adalah dari PH dan Departemen 3 dengan permainan menggambar dengan tangan kiri. Teman-teman yang sebelumnya berkata, “Aku tidak bisa menggambar” di akhir sesi bisa berkata, “Wah, gambarku bagus, ya!”. Penampilan terakhir adalah dari Departemen 1 dengan multiple performance-nya. Awalnya monolog yang berakhir dengan tebak-tebakan, kedua olahraga otak yang ditutup dengan unjuk kebolehan olahraga otak dari teman kita Amal (08), dan terakhir: terapi relaksasi yang dibawakan oleh teman kita Riris (08) yang sebelumnya ikut pelatihan hipnoterapi. Ternyata… kita semua mampu berkarya, memanfaatkan pengalaman dan kreativitas. Intinya adalah: beberapa orang lebih baik daripada sendiri. Beberapa otak lebih baik daripada hanya satu otak. Begitulah kerja sama tim.

Acara malam selesai dan semua peserta tidur. Ada hembusan isu yang membuat penasaran: setelah senam pagi ada “Crazy Game”! Benar. Setelah senam pagi, kami diminta memakai pakaian terlusuh kami. Yang kurang lusuh, kalau tidak mau dilusuhkan, pakaian harus dibalik bagian dalam menjadi di luar. Malu, kan? Yang crazy: cari uang dengan jualan susu sapi ke penduduk dengan pakaian seperti itu!

Setelah tim dibentuk, kami semua berpencar mencari konsumen. Ada yang menjual baik-baik layaknya salesman, ada yang dikasih nasihat dulu oleh bapak-bapak, ada yang memelas… Setelah satu jam, kami berkumpul kembali dan menghitung penghasilan. Ternyata, excellent! Dengan penampilan yang crazy, dengan usaha yang macam-macam itu, dagangan berhasil juga dijual. Yang penting usaha dan niat baik, bukan? Penampilan, biarlah kita dinilai orang, tetapi penampilan itu bukan sesuatu yang layak membuat kita jatuh dan tidak percaya diri.

Tim yang paling kaya dari praktik danus menjadi tim pertama yang berangkat out bond. Dengan penampilan yang masih crazy, kami keliling-keliling kampung untuk menuju pos-pos out bond

Waktu berlalu begitu cepatnya. Pagi segera menjadi siang. Yang sebelumnya segar, menjadi kucel. Canda tawa saat out bond sudah beberapa waktu yang lalu. Awal sudah berlalu dan akhir sudah di depan mata. Setelah bersih-bersih, kami makan bersama untuk yang terakhir kalinya, lalu kembali pulang ke Tembalang dengan angkot yang sudah menunggu. Up-Grading Kesppi 2010 sudah selesai. Bye Gunung Ungaran…

Up-Grading tahun ini memberikan kesan tersendiri bagi kita semua… Kenangan bersama teman-teman tentu tidak hanya ini. Ini barulah awal bagi Kesppi dan ada bulan-bulan selanjutnya yang perlu dihadapi. Di perjalanan pulang, teringat, “Kesppiiii…!!!” yang diserukan sepanjang acara. Semoga selalu “No limit to learn and move!”. Ya, inilah Kesppi. Semangat selalu!


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: