Oleh: kesppi | 14 November 2010

Hari Baru dari Solo, Munaslub Imamupsi 2010

Hari Baru dari Solo

Oleh Aftina Nurul Husna

Ada yang luar biasa pada tanggal 25 – 27 September 2010 lalu. Akhirnya, Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) IMAMUPSI yang direncanakan sejak tahun lalu berhasil dilaksanakan. Bertempat di Universitas Muhammadiyah Solo, acara ini dihadiri oleh 11 universitas, yaitu: UPI, UGM, UII, UMM, Undip, UI, UIN Malang, UIN Bandung, UIN Jakarta, UMS, dan UAD. Kita semua membentuk kesepakatan untuk membangkitkan kembali IMAMUPSI yang selama tiga tahun terakhir tertidur.

Acara hari pertama diawali dengan Diskusi Nasional “Psikologi Islami dan Perannya dalam Islamisasi Ilmu” yang dibawakan oleh Pak Arif Rif’an (dosen UAD, pengasuh ponpes Lembaga Pendidikan Insani Jogja, Aktivis Islamisasi Ilmu INSIST) dan Pak Yadi (dosen UMS dan praktisi psikoterapi Islami). Di acara itu, berkenalanlah kita dengan aktivis-aktivis IMAMUPSI dari kepengurusan sebelumnya. Pada malam hari, diadakan sesi diskusi tentang sejarah IMAMUPSI, perjalanan, suka duka, serta tantangannya di masa depan.

Acara hari kedua adalah musyawarah nasional untuk membahas AD/ ART, GBHO, dan pemilihan presidium nasional IMAMUPSI. Inilah saat di mana sikap kritis dan inisiatif untuk berubah dan memperbaiki keadaan. Perdebatan terkadang terasa sangat alot dan ada begitu banyak ide baru bertaburan. Sungguh melelahkan, pembahasan semua itu tidak selesai sampai dini hari pagi berikutnya.

Acara hari ketiga tidak kalah seru. Pemikiran dan tenaga kembali diperas setelah hampir semalaman tidak tidur. Dua agenda besar hari itu adalah pembahasan rencana strategi, sistem kaderisasi, dan keorganisasian, serta pemilihan lima orang presidium nasional yang mengepalai bidang Managerial, Komunikasi, Informasi, dan Data, Finansial, Research and Development, dan Jaringan. Akhirnya, IMAMUPSI Pusat punya pengurus baru yang dipimpin oleh Wahyu (UMM ’09), Gilang (UIN Malang ’08), Pipit (UNISBA ’08), Leily (UAD ’07), dan Wulan (UGM ’07).

Hari baru dimulai dari Solo. Setelah ini, perjuangan mengembangkan Psikologi Islam/I akan semakin menantang. Diperlukan komitmen dan usaha keras dari kita semua. Nah, mahasiswa muslim psikologi Undip… Kita siap berkontribusi dalam ini? BANGKIT MAHASISWA MUSLIM PSIKOLOGI INDONESIA!


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: